https://komisijournal.indiepress.id/index.php/komisi/issue/feed Jurnal Komputer dan Sistem Informasi 2024-06-30T00:00:00+00:00 Seliwati seliwati@gmail.com Open Journal Systems https://komisijournal.indiepress.id/index.php/komisi/article/view/12 IDENTIFIKASI PRODUKSI GARMENT TERHADAP JUMLAH REJECT MATI DENGAN METODE PARETO 2024-06-20T20:34:26+00:00 Eka Ummi Awaliyatul Ummah eka.ummi@mail.com Nadya Azhar Nabila nadya.azhar@gmail.com Sarah Puspita Sari sarah.puspita@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan reject mati pada produksi garment di PT Cipta Dwi Busana dan membuat diagram Pareto untuk mengidentifikasi jumlah reject mati tertinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode K-means clustering dan diagram Pareto. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data tentang reject mati yang terjadi selama proses produksi garment di PT Cipta Dwi Busana. Data tersebut mencakup informasi tentang jenis reject mati, jumlah reject mati, dan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap reject mati tersebut. Pertama, metode K-means clustering digunakan untuk mengelompokkan jenis-jenis reject mati yang ada. Metode ini memungkinkan kita untuk mengidentifikasi pola atau kesamaan antara setiap jenis reject mati berdasarkan atribut-atribut yang relevan. Dengan menggunakan algoritma K-means clustering, reject mati dapat dikelompokkan ke dalam klaster-klaster yang memiliki karakteristik serupa. Ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang variasi dan karakteristik dari setiap jenis reject mati yang ada di PT Cipta Dwi Busana. Selanjutnya, diagram Pareto dibuat berdasarkan data reject mati yang terkumpul. Diagram Pareto digunakan untuk mengidentifikasi dan memvisualisasikan faktor-faktor utama yang berkontribusi pada jumlah reject mati tertinggi. Dengan menggunakan diagram Pareto, faktor-faktor yang paling signifikan dapat diidentifikasi dan diprioritaskan. Hal ini membantu PT Cipta Dwi Busana dalam menentukan area-area yang perlu mendapatkan perhatian lebih dalam upaya mengurangi jumlah reject mati dan meningkatkan kualitas produk. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi PT Cipta Dwi Busana dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi mereka. Dengan mengelompokkan reject mati menggunakan metode K-means clustering dan mengidentifikasi faktor-faktor utama menggunakan diagram Pareto, PT Cipta Dwi Busana dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi jumlah reject mati, meningkatkan kualitas produk, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.</p> 2024-06-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Eka Ummi Awaliyatul Ummah , Nadya Azhar Nabilab, Sarah Puspita Sari https://komisijournal.indiepress.id/index.php/komisi/article/view/13 PENGARUH PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS 6 SDN SAWAH LEGA MENGGUNAKAN METODE LINEAR REGRESI 2024-06-20T20:35:48+00:00 Nabila Putri Yusal nabila.putri@gmail.com <p>Penggunaan gadget pada anak-anak, termasuk siswa kelas 6 SDN Sawah Lega, telah menjadi fenomena umum dalam era digital saat ini. Meskipun gadget memberikan kemudahan dan hiburan, dampak negatif seperti kecanduan dapat muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara penggunaan gadget dan potensi kecanduan pada siswa kelas 6 SDN Sawah Lega. Metode penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan analisis regresi linear. Hasil uji F dan uji T menunjukkan bahwa secara statistik tidak terdapat hubungan signifikan antara penggunaan gadget dan dampak negatif. Meskipun model regresi mampu menjelaskan sekitar 39.2% variasi, masih terdapat faktor-faktor yang tidak dijelaskan. Histogram menunjukkan model regresi cukup akurat, namun beberapa sisa standar regresi berada di luar rentang 0.9, menunjukkan adanya variabilitas yang belum terpahami. Kesimpulan menyoroti pentingnya pendekatan komprehensif, termasuk pengaturan waktu dan edukasi, untuk mengelola dampak penggunaan gadget pada siswa kelas 6.</p> 2024-06-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nabila Putri Yusal https://komisijournal.indiepress.id/index.php/komisi/article/view/14 PERSEDIAAN SPAREPART DENGAN ALGORITMA FPGROWTH DALAM PENJUALAN BENGKEL MOTOR (Studi Kasus Bengkel Cahaya Motor) 2024-06-20T20:37:25+00:00 Ana Fatahali Ramadhan ana.fatahali@gmail.com <p>Berdasarkan sebuah kasus Penelitian yang terjadi di Bengkel Cahaya Motor, inventarisasi produk dilakukan pada saat produk habis. Dengan menerapkan algoritma FP-Growth pada data transaksi penjualan Bengkel Cahaya Motor selama bulan Agustus 2023 untuk mengidentifikasi barang yang diminati oleh pelanggan. Penelitian ini menggunakan penerapan algoritma FP-Growth melalui aplikasi rapidminer 9.10 dengan minimum support ≥ 65% dan minimum Confidence ≥ 80%.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gearset memiliki tingkat minat tertinggi (87,10%), diikuti oleh Seal Karet (83,87%), Kampas Rem, Oli, dan Ban (80,65%), Kabel Kopling (74,19%), serta Lahar (67,74%). Hasil ini memberikan wawasan penting untuk keputusan pengadaan barang, dengan rekomendasi penambahan stok Gearset</p> 2024-06-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ana Fatahali Ramadhan https://komisijournal.indiepress.id/index.php/komisi/article/view/15 PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE FINGER PRINT MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF (Studi kasus di PT. Dasan Pan Pacific) 2024-06-20T20:41:04+00:00 Resma Nuraeni resma.nuraeni@gmail.com Noneng Risni Maulani noneng.risni@gmail.com M Fedrik Arbi fedrik.arbi@gmail.com <p>Masalah absensi sangat berpengaruh dalam peningkatan kedisiplinan. Saat ini pegawai masih sering memanipulasi absensi dengan menitipkan tanda tangannya ke pegawai yang lain sehingga pegawai tersebut cenderung bolos kerja dan tidak melaksanakan tanggung jawabnya dengan maksimal. Untuk itu perlu solusi yang baik dalam menanganinya yaitu dengan membangun sebuah sistem absensi sidik jari<strong><em>.</em></strong> Dengan adanya sistem absensi sidik jari yang efisien di PT. Dasan Pan Pacifik Indonesia, maka pegawai tidak bisa lagi menitipkan tanda tangannya karena setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda. &nbsp;Sehingga, PT. Dasan Pan Pacific Indonesia memperlukan enterprise architecture karena perusahaan ingin kedepannya dapat bersaing dengan perusahaan yang lain dan juga mampu menyelaraskan bisnis, data, aplikasi, dan teknologi.</p> 2024-06-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Resma Nuraeni, Noneng Risni Maulani, M Fedrik Arbi https://komisijournal.indiepress.id/index.php/komisi/article/view/16 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN SOFTWARE DEVELOPMENT LIFE CYCLE 2024-06-20T20:42:15+00:00 Siti Yulianita siti.yulianita@gmail.com Ulfah Mawalatul Khoiriyah ulfah.mawalatul_si19@nusaputra.ac.id Sri Wulansari sri.wulansari_si19@nusaputra.ac.id <p>Perpustakaan di SMK Teknika Cisaat Sudah lama terbangun dan selalu banyak siswa yang mengunjunginya akan tetapi sistem transaksi yang digunakan untuk peminjaman,pengembalian dan perpanjangan buku masih memakai cara manual yaitu dengan di catat dalam buku, keadaan demikian suatu saat jika buku tersebut hilang atau terbakar maka semua data akan hilang tanpa sisa. Oleh karena itu, dengan membuat sistem informasi perpustakaan berbasis <em>web</em> adalah hal yang tepat.melakukan analisa permasalahan dan merancang desain <em>flow document</em> dan <em>UML</em> seperti <em>Flow document</em> yang sedang berjalan dan yang diusulkan serta dengan <em>use case,class diagram</em>. Dan juga dibuat dengan bahasa pemograman <em>PHP</em> dengan <em>database mysql </em>dan dijalankan dengan<em> tools XAMPP</em>. Yang membuat transaksi peminjaman,pengembalian dan perpanjangan buku disediakan dalam wadah digital dengan data data yang disimpan dalam <em>database</em></p> 2024-06-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Siti Yulianita, Ulfah Mawalatul Khoiriyah,Sri Wulansari