PENGARUH PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS 6 SDN SAWAH LEGA MENGGUNAKAN METODE LINEAR REGRESI
Keywords:
Penggunaan Gadget, Kecanduan, Siswa SD, Regresi Linear, Dampak Negatif, Edukasi GadgetAbstract
Penggunaan gadget pada anak-anak, termasuk siswa kelas 6 SDN Sawah Lega, telah menjadi fenomena umum dalam era digital saat ini. Meskipun gadget memberikan kemudahan dan hiburan, dampak negatif seperti kecanduan dapat muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara penggunaan gadget dan potensi kecanduan pada siswa kelas 6 SDN Sawah Lega. Metode penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan analisis regresi linear. Hasil uji F dan uji T menunjukkan bahwa secara statistik tidak terdapat hubungan signifikan antara penggunaan gadget dan dampak negatif. Meskipun model regresi mampu menjelaskan sekitar 39.2% variasi, masih terdapat faktor-faktor yang tidak dijelaskan. Histogram menunjukkan model regresi cukup akurat, namun beberapa sisa standar regresi berada di luar rentang 0.9, menunjukkan adanya variabilitas yang belum terpahami. Kesimpulan menyoroti pentingnya pendekatan komprehensif, termasuk pengaturan waktu dan edukasi, untuk mengelola dampak penggunaan gadget pada siswa kelas 6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabila Putri Yusal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.